Real Things You Should Know Before You Move to Jakarta (Based on True Story)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jakarta is the most favorite place in your dreams and your head when you are living in small town.

Gak percaya ?

coba kamu sesekali kamu iseng teman kamu yang di daerah atau adik-adik kamu yang masih kecil pengen liburan kemana.

Yah paling jawabannya ” ke Jakarta kak, pengen main ke Dufan kak”. As simple like that.

Memang gak bisa dipungkiri lagi kalau Jakarta memang punya segalanya, dari makanan enak, tempat-tempat wisata yang bagus, cafe-cafe lucu, acara dimana-mana, gedung gedung tinggi yang kalau malam lampunya berbinar kemana-mana,  fasilitas yang canggih (minimal di daerah gak ada deh), dan banyak lagi macamnya. Itu baru sebagian kecil saja alasan kenapa banyak orang yang rela-relanya tinggal di Jakarta. At least ngerasain hidup di kota besar itu seperti apa.Kayaknya Jakarta itu WAH  pake banget !

Kalau kamu tinggal di Jakarta dalam hitungan hari atau paling lama seminggu sih , iyaa..(Paling gak untuk berlibur) kamu bakal ngerasain betapa indahnya hidup di Jakarta.

Karena kamu memang ngerasain yang bagus-bagusnya doang.

Paling gak kalaupun dapat apesnya yang ada itu malah jadi salah satu pengalaman berharga yang bisa kamu ceritain di daerah nanti.

Beda halnya kalau kamu tanya sama orang-orang yang sudah lama tinggal di Jakarta, terutama yang pendatang. Kamu bakal dengar gimana caranya mereka bertahan dari Jakarta. (kejem banget yah gue .. hahaha)

Walaupun gak semuanya sih yang mengalami hal-hal yang gak menyenangkan. Untuk mereka yang hidupnya ‘udah enak’ sih hidup di Jakarta mah asik-asik aja.

Gak kerasa dong ini adalah tahun ke tiga gue tinggal di Jakarta, memang sih gue gak seperti kebanyakan orang-orang yang pindah ke Jakarta untuk cari pekerjaan atau gimana-gimana, tapi gue di Jakarta untuk melanjutkan studi gue dengan tujuan yang sama untuk mencari penghidupan yang lebih layak nantinya.

Lumayan banyak juga kalau diingat lagi jaman-jaman susahnya awal-awal hidup di Jakarta. Kontras banget sama kehidupan gue di daerah dan kampung gue lagi yang daerah banget #Aslinyaanakdesabanget

Sedikit gambaran apa yang sebaiknya kamu harus tahu sebelum mutusin buat tinggal di Jakarta (entah itu buat bekerja atau buat ngelanjutin studi) based on trure story. Here we go !

  1. MACET ! – Jangan heran kalau kamu sesampainya di Jakarta kamu bakal liat banyak banget banget nget nget kendaran dimana-mana!!!  ini kamu  udah tahu banget kondisinya gimana. Pastinya ini bakalan beda banget sama di daerah kamu kalau hari-hari biasa aja kamu bisa shuffle dance di Jalan. Di Jakarta? buat nyebrang jalan aja harus seliat-liatan dulu sama supir angkot #takutditabrak
  2. MAHAL ! – Di Jakarta itu apa-apa mahal men. Dari ongkos taksi, makan sehari-hari, uang haha-hihi, bahkan hal-hal kecil aja sekalipun. Kamu bisa itung  berapa banyak pengeluaran harian kamu selama hidup di Jakarta. Termasuk untuk urusan kesehatan kamu, berobat di juga harus pinter milih. Salah-salah dapat berobat tempat yang biasa aja tapi harganya selangit. Fyuh . Di Jakarta harus ekstra pintar mensiasati pengeluaran (that’s true). Kalau penghasilan atau uang kiriman uang dari ortu-kamu hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari kamu. Banyak-banyak bersabarlah untuk menhadapai berbagai cobaan yang datang. Biar kamu gak boros #nangisdipojokan
  3. KOTOR ! – Kamu harus siap waspada dengan kondisi Jakarta yang satu ini, walaupun gak semua bagian dari Jakarta kotor sih (biasanya wilayah perkantoran dan mal-mal yang bersih ). Selain bancjr yang udah mendarah daging banget sama Jakarta, sudut-sudut jalan atau di gang-gang kecil atau anak sungai kamu bakalan bisa liat tumpukan sampah dimana-mana. Atau bau-bau aneh yang tiba-tiba nyamperin idung kamu. Ini nih yang harus diperhatikan, apalagi kamu yang niatnya mau hemat dengan beli makanan/jajanan di pinggir jalan eh jadinya malah sakit gegara makanannya kurang sehat dan higienis. Hati-hati yah ..
  4. Susah cari tempat tinggal – ini salah satu yang banyak dikeluhkan para pendatang waktu mereka ke Jakarta. Sebagai gambaran untuk tarif termurah (di sekitar kost gue itu sekitar 350-500 ribu), as well as know bisa dibayangkan kamarnya  kalau siang bisa buat sauna, kalau malam bisa masuk angin, atau kalau hujan kamu bisa liat waterfall di dinding-dinding kosan kamu. Seru yah banyak efeknya kamarnya. hahaha .. kalau yang cukup lumayan yah 700-900 an, atau mau agak bagusan sekitar 1,2-1,5 juta ajah, yang mau mewah ada parking area atau kolam renang yah di atas itu #KEMUDIANPROMOKOSAN.  Niat hidup hemat, harus tegar dan kuat tempat tinggal (kosan/kontrakan) kondisinya kurang nyaman. Mau hidup nyaman, yah siap siap aja keluarin duit banyak-banyak buat bayar tempat tinggal. hmm .. perlu dipikirin lagi nihh.
  5. Kriminal– Baik cewek/cowok , ini juga harus di perhatiin. Memang sih Jakarta itu ramai, mau sampai jam 1 atau sampai subuh pun Jakarta tetep ramai. Nah, sangking ramainya itu, kita gak tau nih mana yang orang baik beneran, orang jahat beneran atau orang baik tapi sebenarnya jahat. For sure, salah satu pengalaman gue yang gak banget adalah kehilangan dompet di angkot di siang bolong. Padahal gue cuma diangkot gak sampai 10 menit. Luar biasa. Selain karena gue yang teledor, orang jahat dimana-mana sist gan . Hati-hati aja di Jakarta. Kalau gak perlu-perlu amat gak usah banyak keluar malam, pulang malam pun baiknya ada yang nemenin.
  6. Bingung Kalau Weekend kemana – Yaha, kalau udah satu tahun lebih tinggal di Jakarta, pasti tahu benar rasanya yang satu ini tiap weekend datang apalagi kalau libur panjang. Jadi jangan pada bingung, kalau banyak anak-anak rantau yang belain pulang walau cuma sebentar atau yang bela-belain cari tiket mura buat bisa liburan keluar kota. Hayoloo kenapaa…

Beberapa point di atas sebenarnya belum mewakili kompleksitas Jakarta sebenarnya, dan belum mewakili kondisi Jakarta sesungguhnya.

Ingat, kunci dasar hidup di Jakarta adalah niat yang kuat, sabar, kerja keras, sabar lagi .. kerja lebih keras lagi dan tentu saja finansial yang stabil.

Banyak peluang yang luar biasa yang bisa kamu dapat di Jakarta kalau kamu tahu celahnya. Ada beberapa hal di Jakarta yang sebenarnya seru kok yang gak bakal kamu temuin di daerah.

Dan untuk alasan itulah sampai sekarang gue masih stay di Jakarta.

Come and enjoy  Jakarta,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s