Menganggap Orang Kaya sebagai Orang yang Egois

Hal yang paling realistis di jaman sekarang adalah ini. Sedikit nyinyir sih, tapi ini benar adanya. Kalau kamu merasa tersindir, jangan salahkan tulisan ini.

Kebanyakan orang yang tidak kaya, termasuk kita (bisa juga gue), selalu ingin terlihat seperti orang kaya. Itu sebabnya banyak di antara kita yang susah menjadi orang kaya. Orang kaya beneran. Uang yang seharusnya bisa ditabung atau diinvestasikan, justru dibelikan barang-barang yang dikit manfaatnya (dengan alasan uang untuk dinikmati). Itulah kita, tidak mau disangka miskin. Bukan salah satu sifat manusia yang manuasiawi.

Segaris dengan itu, beberapa orang beranggapan bahwa orang kaya adalah orang yang egois. Sesungguhnya tidak. Orang kaya ada kalanya terlihat tidak peduli dengan keadaan sekitar, namun bukan berarti mereka egois. Mereka hanya fokus pada apa yang mereka kerjakan. Kitanya saja yang terlalu sensitif dan overdramatic. Padahal sesunguhnya kita iri dengan apa yang mereka miliki. Dan kita tidak mau mengakui.

Kalau orang kaya adalah orang yang egois maka tidak mungkin ada hasil penelitian yang bilang bahwa yang paling banyak melakukan perbuatan amal adalah orang kaya. Orang egois tidak ada waktu untuk itu. Orang egois tidak akan bersusah-payah memikirkan hal-hal semacam itu.

Orang kaya sering berusaha meraih apa yang sudah menjadi tujuannya, sekalipun itu terlihat aneh dan tidak lazim. Jika mereka tidak terlihat peduli dengan hal lain, pstinya hal-itu tidak sesuai dengan tujuan mereka.

Manusia seperti kitalah yang sungguh merugi. Sibuk memikirkan orang lain tanpa fokus apa yang sesungguhnya terjadi pada diri sendiri. Sibuk membicarakan orang lain, tapi lupa untuk memperbaiki diri sendiri.  Jika kita menganggap orang kaya adalah orang yang egois, membuat kita sulit melihat hal-hal positif yang seharusnya dapat kita teladani dari mereka yang kaya.

Mensyukuri apa yang kita miliki sekarang dan percaya bahwa kerja keras pasti akan ada hasilnya. Kekayaan akan datang pada kita yang mengharapkan dan mau berusaha mencapainya.

you can never becomes rich unless you like rich people – Douglas Coupland

Inspired by 99 PPSK  Iin Susanto

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s