What is Difference Betwen Cancer and Tumor ? (Based on Pevita Pearce Story)

Hello and happy weekend !

Beberapa pekan belakang ini, beberapa media memberitakan tentang para-para pesohor yang sedang menderita beberapa penyakit. Dari yang sudah masuk usia senja  hingga kategori muda belia. Sebut saja  Julia Perez atau yang paling terakhir yang sedikit mengagetkan adalah si cantik Pevita Pearce (huaaa …)

Yap, kalau kamu biasanya pantengin instagamnya si Pevita yang aduhai itu dan ngelove-love in tiap postingannya. Kemarin gue sempat berhenti stalking waktu dia update poto post surgery. Sampai dia bikin statement di Youtube dan pesan-pesannya yang kamu bisa lihat di sini  Eksklusif : Pevita Interview


Salut sebenarnya dengan Pevita, walau mungkin bagi dia sulit banget harus cerita ke publik tentang masalah kesehatannya. Namun dengan influence yang dia punya dia mau membagikan masalahnya supaya bisa jadi pelajaran buat masyarakat atau para fans-nya. Sampai sampai dia bilang begini

The lowest point in the beginning. Actually i don’t want tell people about it. But i think, aku ingin mulai cerita tentang ini karena ini berhubungan dengan… I hope it would inspire other people “

Gue sedikit penasaran sih sebenarnya apa yang terjadi sama mereka sampai akhirnya gue buat tulisan ini sendiri. Walaupun memang benar sih kasus yang sering muncul di permukaan itu yah kanker-kanker yang banyak menyerang wanita seperti kanker serviks sampai kanker payudara. Tapi para cowok juga gak boleh lengah loh, karena tumor atau kanker juga sebenarnya juga berpotensi terjadi sama siapa aja. So, basicnya dulu, kamu udah tahu belum sih perbedaan tumor dan kanker ? Kalau sekilas sih memang kanker itu semacam bentuk parahnya dari tumor yang udah parah banget gitu. Penyataan itu ada benarnya sih cuma mungkin kurang lengkap.

Mammo_breast_cancer_wArrows.jpg
mamae breast cancer

Tumor dan kanker  berbeda. Sebuah tumor berkembang ketika benjolan terbentuk dalam tubuh kamu  karena pertumbuhan sel yang abnormal. Pertumbuhan sel atau jaringan tubuh ini akan terjadi  terus menerus  tanpa mempunyai fungsi yang jelas secara fisiologis pada tubuh kita. Tumor sendiri dibedakan atas dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Nah dari dua jenis tumor inilah dikenal istilah Kanker yang di gunakan untuk merujuk pada suatu kondisi tumor yang bersifat ganas.

Tumor dikatakan jinak apabila pertumbuhan sel tumornya lambat, tidak berbahaya, mengandung kista, dan berselaput pembungkus, walaupun keberadaanya cukup menggangu.

Tumor ganas/kanker sel-selnya akan tumbuh dengan cepat, membelah diri tidak terkontrol, menyusup ke bagian lain melalui pembuluh darah /pembuluh getah bening. Bahkan sangking hebatnya sel ini dapat menginvasi bagian tubuh lain hingga mengakibatkan sangat sulit disembuhkan.

Tidak Semua Tumor adalah Kanker

Yap, yang perlu dipahami adalah tidak semua tumor adalah kanker. Ada tumor jinak di mana pertumbuhan terbatas pada bagian tertentu dari tubuh saja. Sebuah tumor dikatakan menjadi ganas apabila  pertumbuhan primer (utama) menghasilkan pertumbuhan lainnya pada bagian tubuh yang lain yang akhirnya menginvasi.

Nah, hal yang sama juga terjadi bahwa tidak semua kasus kanker juga tidak ditandai dengan pertumbuhan tumor. Makanya kita, baik cewek atau cowok harus paham benar apabila ada bagian-bagian lain dari tubuh yang dirasa mengalami pertumbuhan asing. Walaupun kecil dan belum menganggu ada baiknya untuk diperiksa ke dokter. Karena kita gak boleh menyepelkan hal-hal kecil yang terjadi sama tubuh kita.

Penanganan Tumor dan Kanker

Tidak perlu panik berlebihan kalau kamu merasakan ada yang benjolan asing di tubuh kamu. Yang pasti pemeriksaan (anamnesis) harus segera dilakukan. Mendingan sih kamu berupaya dulu untuk melakukan amanesis ke dokter ketimbang langsung mengkonsumsi obat-obatan herbal atau obat-obat lain yang banyak dijual online atau pasaran. Takutnya bukannya bikin sembuh tapi malah bikin benjolan kamu makin tumbuh dan berkembang gara gara efek sampingnya. Nauzbillah yaa ..amit-amit .

Pemeriksaan ke dokter diperlukan untuk memastikan benjolan yang kamu alami hanya pembengkakan, tumor atau sudah mengarah ke kanker. Biasanya dokter menyarakankan untuk Biopsi (pengambilan jaringan) untuk mengetahui sifat sel asing itu. Baru deh bisa dianalisis itu jenis sel tumor atau kanker . Kira-kira begitu..

Selanjutnya adalah penanganan,misalnya ternyata kamu menderita tumor jinak. biasanya dokter menyarankan untuk melakukan pengangkatan. Pengangkatan dilakukan dengan mempertimbangkan ukuran tumor dan lokasinya. Operasi pengangkatan relatif mudah dan biasanya berangsur sembuh.

7-2012112P9444S37

Lain halnya kalau kamu misalnya menderita kanker atau tumor ganas.  Penanganan kanker membutuhkan berbagai hal yang kompleks dan resiko akibat pengobatan belum lagi biayanya yang sangat mahal. Pilihan pengobatan untuk kanker termasuk operasi (pengangkatan jaringan kanker), kemoterapi (menggunakan bahan kimia kuat untuk membunuh sel-sel kanker yang berkembang pesat), dan terapi radiasi/ radioterapi (menggunakan radiasi energi tinggi untuk mengecilkan tumor dan membunuh sel kanker dengan cara merusak DNA mereka).

Agak dilematis sih memang di satu sisi kita takut dengan efek dari berbagai pengobatan yang resikonya besar tapi kita juga tidak bisa membiarkan tubuh kita habis dimakan sama sel-sel kanker ini. Belum lagi faktor psikis yang bikin para penderita jadi makin drop dan bikin penyakit ini jadi semakin mudah menginvasi.

Faktor-faktor penyebab munculnya tumor atau kanker juga bermacam-macam. Bisa karena faktor keturuan, gaya hidup dan lain sebagainya. Menghindari faktor-faktor pencetus dan menjaga gaya hidup mutlak buat dilakukan, apalagi kalau dikeluarga kamu dekat dengan riwayat tumor atau kanker. Jadi berhati-hati yahh …

Kayaknya segitu dulu informasi yang bisa gue bagi dari apa yang gue pelajari. Semoga sedikit banyak bisa memberi manfaat buat teman-teman semuanya. Next mungkin gue akan bahas jenis kanker apa yang memang wajib banget untuk kamu ketahui sebagai bentuk antisipasi. Seperti orang banyak bilang memang mencegah lebih baik daripada mengobati.dan kamu bakal sadar kalau hidup itu benar-benar berarti..

dan disyukuri.

“You need to check, take care of your health. Sehat itu mahal banget”. – Pevita Pearce

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s