How to Survive Until the Month End #TipsHematdiAkhirBulan (Feat UBER Jakarta)

main-qimg-f04ce86d271bfbef574892a5f5acdb3b

Hari-hari di akhir bulan seperti sekarang ini bikin dilematis banget bagi anak-anak rantauan seperti gue, dan mungkin beberapa dari kamu juga.

Gimana enggak, hari-hari makin kerasa beratnya, gaji belum turun atau kiriman uang tua hanya tersisa lembaran ribuan doang. Padahal ekspektasi waktu uang masuk rekening, dan di awal bulan selalu bilang “Oke, ini akan awet sampai akhir bulan”. Akhirnya kecolongan juga. Hmmm. ketemu awal bulan lagi, eh akhir bulannya tetep kere lagi. Oh shit. Aku kudu strong! #sambilteriakdibawahshower

Lalu? apa yang salah ? Uang datang dan pergi sesuka hatinya, sampai kadang tak keliatan lagi rupanya. Sedih sih, tapi kamu masih bisa kok survive sampai akhir bulan dengan management uang yang tepat. Gini caranya ..

Download aplikasi Money Manager

Monefy-app

Agak ribet sih memang, gue gak biasa mencatat berapa besarnya pemasukan gue dan pengeluaran gue tiap harinya. Tapi aplikasi money manager semacam ini penting banget dan membantu banget loh biar kamu tahu kemana larinya uang-uang kamu.

Gue mencoba beberapa aplikasi money manager yang available di Play Store . Dan menurut gue, Monefy ini adalah yang paling simpel digunain. Menu-menu di dalamnya juga variatif dengan icon yang dibagi-bagi berdasarkan jenis pengeluaran kamu. Coba deh. Gue udah makai ini 2 bulanan gitu dan gue ngerasa sudah semakin terbiasa buat mengatur keuangan gue. Alhamdulilah, sesuatu ini mah.

Nabung di Awal

‘ Karena sesungguhnya nabung di akhir hanya sebuah fiksi semata’

Kalau kamu ngerasa masih sisa uang di akhir bulan, yang ada bakal kepikiran untuk ngabisin duitnya langsung dan mikir kalau bentar lagi ada pemasukan lagi. Yap, katakan sampai jumpa pada uang-uang kamu.

Godaan di awal bulan itu memang luar biasa adanya, kalau lagi punya uang banyak rasanya pengen di beli semua, pengen di makananin semua. Oh no ! jangan yah. Ada baiknya kamu simpan uang penghasilan/transferan kamu di awal bulan. Sisakan relatif banyaklah, jangan nangung nangung. Setidaknya dengan uang simpanan yang kamu taruh dimana gitu, kamu jadi ngerasa lebih tenang kalau ada kepentingan mendesak.

Yah, walaupun gak bisa di tabung sampai terkumpul banyak, prestasi juga kok kalau kamu bisa ngumpulin uang dan gak make sampai akhir bulan.

Nurut sama To-Do List kamu

2014-Dayplanners-Open-Book

Kalau yang ini gue secara pribadi pakai buku agenda harian semacam ini, rada klasik sih memang, punya agenda semacam orang jaman dulu gitu, yang harusnya semua catatan bisa di simpan langsung di Google Calender atau Any.Do. Tapi rasanya beda aja kalau punya buku agenda sendiri, isinya kegiatan sehari-hari, apa apa aja yang harus dibeli dari yang paling penting sampai gak penting. Dan yang paling gue suka ketika gue bisa coret to do list gue karena emang bener bener gue lakuin sendiri. haha, cheesy abis yah

Cuma yah harus konsisten nulis agenda kamu tiap harinya, kalau gak tiap hari yah tiga hari atau seminggu sekali juga fine kok. Asal kamu disiplin aja. Niscaya kamu akan terselamatkan dari beli-beli yang gak penting karena kamu tahu mana yang benar benar jadi prioritas.

Hati-Hati dengan Pengeluaran Kecil

Pengeluaran kecil kayak bayar parkir, beli pulsa, uang toilet mall dan lain sebagainya itu kalau dikumpulin lumayan juga loh. Kita gak ngerasa aja pengeluaran yang kita kira gak seberapa itu bisa mengurangi berapa persen penghasilan kita. Nah loh.

Biasain aja kalau pergi pergi bawa uang receh yang 500 an atau 1000-an sisa kembalian dari minimarket. Kamu bisa pakai kantong kecil dan masukin tas kamu ketika bepergian. Sayang kan kalau harus mecahin duit kamu jadi kecil-kecil sampai akhirnya kamu main ambil-ambil aja uangnya dan tiba-tiba abis aja. Inget men-Hemat!

Ganti Cemilan pakai Sayur, Buah atau Gorengan

Sebenanrnya gue lebih menyarankan untuk mengkonsumsi buah sih, cuma yah siapa yang gak suka gorengan. Walau gak sehat tapi menurut gue sih mendingan makanin ini daripada beli jajan-jajanan di minimarket yang gurih-gurih itu. Atau kalau yang suka roti bisa makan roti aja gak usah jajan-jajanan.

Karena tujuannya adalah hemat, sesungguhnya kadang satu kantong snack yang harga 10 ribuan itu bisa kamu beliin gorengan banyak. Mau lebih kenyang, yah tinggal masak nasi aja sendiri di kosan. Kenyang kan. haha

Manfaatin Promo Sebaik-baiknya

Jaman mobile begini, kamu dituntun untuk bergerak ekstra cepat dan tepat. Apalagi kalau kamu tinggal dan mengadu nasib di kota besar seperti Jakarta ini.  Pastinya butuh fasilitas yang efisien kan. Tapi jangan lupa buat tetep berpegang teguh sama prinsip hemat loh biar bisa survive sampai akhir bulan.

Caranya yah manfaatkan promo sebaik-baiknya dong, salah satunya pakai UBER dong. yang lagi kasih promo free ride buat kamu. Kapan lagi di akhir bulan dapat tumpangan gratis kemana-mana. Caranya gampang, ikutin aja gambar di bawah ini

12965836_621122224718285_189824898_n.jpg

Mudah kan, selain kamu bisa hemat. Kamu juga bisa keliatan lebih fancy kalau naik UBER, Ceilah ..

Selain bisa pesan UBERCar dan UBERX, kamu sekarang juga bisa pesan UBERMotor juga loh yang sudah available di beberapa kota di Indonesia. Dan akan menyusul beberapa kota lainnya. Nah,  kamu juga gak perlu  tuh repot telpon atau SMS pengemudi utk informasi tempat penjemputan, cukup ketik di “Add Pickup Detail” di menu UBER kamu. Asik kan !

Cg4yCEGU8AA1taV

Nih, sekalian aku juga mau kasih Promo Code Gratis buat kamu yang udah baca blog ini, manfaatin kode promonya yah senilai 50 ribu untuk  perjalanan pertama kamu. Bukan, ini bukan kode promo tiap kamu abis download aplikasinya dan harus share itu. Kamu bisa pakai kodenya langsung loh. Kapan lagi bisa gerak cepat kemana-mana, gratis lagi, itung-itung nyobain UBERnya sambil selfi-selfi.

Simpan kodenya yah :

jktiuber

Nah, itu tadi beberapa tips buat kamu yang mau belajar management keuangan kamu, mau caranya seperti apapun yang penting yang penting kamu bisa konsiten dan kerja keras men. Karena hidup gak cuma buat hari ini aja, jadi tetap bertahan sampai akhir yah.. semangat ! haha

Keep calm and happy uber !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s