How to Stay Fit during Ramadhan (Cara tetap sehat selama Ramadhan)

article-urn-publicid-ap.org-cb2475671e424dbab85b2fbdd862131b-6ZN2VTL6O-HSK1-151_634x402.jpg

Bulan ramadhan telah tiba, sudah menjadi kewajiban umat muslim di seluruh dunia untuk menunaikannya. Sebuah periode waktu yang panjang untuk menahan lapar dan dahaga hingga waktu senja tiba. Perubahan kebiasaan dari sebelum ramadhan hingga selama berlangsungnya ramadhan membuat umat muslim bertanya bagaimana agar tetap sehat selama ramadhan ?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan selama bulan ramadhan :

Jangan lewatkan sahur

ramadan44

Walaupun melewatkan sahur untuk melanjutkan tidur terlihat sangat menyenangkan, tapi sebaiknya kamu tidak melakukannya. Apabila kamu memilih untuk tidak sahur artinya kamu memperpanjang masa puasa kamu. Kuat tidaknya kamu berpuasa, selain niat juga tergantung jenis makanan yang kamu konsumsi sebelum tidur. Sehingga bisa jadi kamu akan kekurangan energi dan nutrisi untuk puasa di hari berikutnya. Selain itu, kamu juga akan mengalami dehidrasi dan merasa kelelahan sepanjang hari. Jadi gak asik kan kalau puasa kamu malah lemes-lemesan ?

Selama waktu sahur, pastikan kamu juga mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dibandingkan dengan karbohidrat seperti telur, ikan, atau kacang-kacangan. Mengkonsumsi karbohidrat seperti nasi atau roti hanya membuat kamu kenyang dalam jangka waktu yang pendek. Sehingga harus diimbangi dengan mengkonsumsi jenis nutrisi lain berupa sayuran dan protein Misalnya dalam satu piring diisi dengan : setengah piring sayuran, seperempat nasi, dan seperempat protein. Selain itu jangan lupa konsumsi buah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kamu yah !

Berbuka secukupnya 

iftar.jpg

Berbuka puasa bukan waktunya untuk berpesta. Mengkonsumsi makanan secara berlebihan di saat berbuka justru membuat perut kamu “kaget” dengan semua yang kamu konsumsi. Dahulukan mengkonsumsi makanan manis dalam porsi yang sedikit, kemudian lanjutkan dengan makan besar. Berbuka puasa bukan hanya saatnya mengisi bahan bakar tubuh kamu. Tapi juga tentang gizi yang kamu konsumsi. Hasrat untuk makan berbagai jenis makanan ketika berbuka puasa, hanya akan menaikkan berat badan kamu secara bertahap. Jadi tetap harus di kontrol. Hindari makan berlebihan yah, nanti gak kuat tarawih loh gegara kekenyangan.

Perbanyak minum air dan hindari salty food

Ramadan-Fasting-Health-Benefits

Merasa haus saat berpuasa adalah hal yang normal. Haus merupakan hal yang alami yang dialami oleh tubuh yang menunjukkan bahwa tubuh kita mengalami dehidrasi. Namun, ketika berpuasa kita tidak bisa langsung minum ketika merasa haus (yaiyalah). So, untuk memenuhi kecukupan air dalam tubuh kamu, pastikan kamu meminum banyak air ketika berbuka puasa hingga waktu sahur tiba. Walaupun kamu tidak merasa haus. Hal ini adalah suatu upaya untuk mengurangi resiko dehidrasi yang akan muncul selama waktu berpuasa. Coba deh minum minimal delapan gelas sehari setelah berbuka puasa dan sebelum waktu imsak berakhir.

Selain itu, jenis makanan yang wajib kamu hindari selama bulan ramadhan adalah salty food seperti kentang goreng McDonald, keripik dan  lain-lainnya yang asik banget buat teman ngerumpi setelah tarawih atau sambil nunggu waktu imsak. BUT ! yang harus kamu ketahui adalah, mengkonsumsi salty food hanya bikin kamu tambah gampang haus bro !

Rencanakan menu berbuka puasa dan sahurmu

1926756_10154006907024778_4487702861225935781_n

Mengapa ? karena penting untuk tetap mengkontrol menu makananmu. Setelah berpuasa seharian dan menahan haus gara-gara melihat iklan sirup di televisi, rasanya kamu ingin menyantap segala makanan di depan kamu. Merencanakan menu berbuka dan sahur adalah langkah bijak untuk mengontrol nutrisi dan pengeluaran kamu selama ramadhan. Makan enak belum tentu makan sehat toh ? Ingatkan juga anggota keluarga kamu untuk tidak menyiapkan makanan terlampau berlebihan hanya untuk memuaskan nafsu makan setelah puasa.

Hindari kafeein ketika sahur

49752-Morning-Coffee

Beberapa orang mungkin tidak bisa untuk tidak mengkonsumsi kafeein setiap hari. Walaupun minum secangkir kopi di waktu sahur bisa membantu kamu tetap terjaga hingga pagi tiba. Tapi konsumsi kopi hanya akan membuat kamu sering buang akhir kecil dan membuat kamu kehilangan banyak cairan tubuh yang berakhir dengan dehidrasi selama berpuasa.

Tetap berolahraga  dan istrahat yang cukup

SleepLead

Menjadikan puasa sebagai alasan untuk malas berolahraga? rasanya kurang tepat yah. Olahraga tetap bisa dilakukan seperti biasa dengan tetap memperhatikan intensitas kemampuan tubuh masing-masing. Tidak perlu terlalu dipaksakan  untuk berolahraga berat yang menyebabkan kamu mengalami kelelahan dan dehidrasi. Tubuh harus tetap dijaga selama bulan ramadhan untuk menjaga siklus tubuh. Olahraga ringan seperti lari di treatmill atau shit up push up sangat membantu untuk memangkas lemak berlebih akibat buka puasa yang berlebihan tadi loh !

Perubahan jam tidur dan ibadah selama ramadhan mungkin memang cukup merepotkan. Kekurangan tidur membuat kamu jadi lebih sensitif dan cepat kelelahan sedangkan terlalu banyak tidur justru membuat kamu tidak produktif. Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan kondisi tubuh kamu seperti semula. Tidur sejenak disela-sela jam istirahat siang atau segera tidur sebelum jam 10 malam bisa menjadi pilihan yang tepat.

So, melaksanakan ibadah puasa selama bulan ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mengatur kembali pola hidup untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Semoga tips ini bermanfaat.

20140701110329TIPS-EN.png

Selamat dan semangat berpuasa !

Advertisements

One thought on “How to Stay Fit during Ramadhan (Cara tetap sehat selama Ramadhan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s