How to Grow Your StartUp (Feat Gerakan 1000 Startup Digital Indonesia)

Disadari atau tidak, perkembangan teknologi berjalan sangat luar biasa cepat. Sangking cepatnya, banyak dari kita harus bersusah payah untuk menyesuaikan dengan kemajuan itu. At least kita gak boleh jadul jadul banget kan yah !

Daya saing yang semakin besar, minimnya lapangan pekerjaan, besaran penghasilan yang nominalnya segitu segitu aja, atau yang sudah lelah dengan style kantoran yang berangkat pagi pulang malam dan berbagai motivasi lainnya, akhirnya membuat seseorang tergerak untuk menjadi seorang wirausahawan atau bahasa kerennya enterpreneur.

Salut dengan pola pikir anak-anak muda sekarang (terutama di kota besar), yang tidak melulu terorientasi dengan pola pikir ” ah gue harus kerja di pemerintahan” atau “gue pengen kerja di bank ah, biar gajinya gede”. Tapi berusaha membuat berbagai gebrakan baru untuk melakukan berbagai perubahan. Dan salah satunya melalui ranah digital.

Permasalahannya adalah bagaimana mengembangkan suatu bisnis berbasis digital atau startup ini dengan baik ? Banyak dari kita, bisa jadi gue atau kamu yang memiliki bakat alamiahnya adalah seorang seller (penjual) atau punya communication skill yang baik, tapi gak tahu harus tumplekin bakat ini dimana. Atau yang punya ratusan ide tapi gak ada bakat mendesain dan membuat prototype untuk merealisasikan karya-karyanya. Atau yang jago desain tapi suka kehabisan ide mau buat apa dan gak tau cara mempromosikannya gimana.

Hal-hal basic inilah yang harus dipelajari oleh seorang enterpreneur apalagi yang bergerak dalam bidang digital. Jangan sampai suatu startup yang kita sudah bangun menjadi sia-sia dan ‘termakan’ oleh kerennya startup lain yang lebih survive. Namun, tidak hanya sebuah kesuksesan saja yang dicari oleh sebuah startup, tetapi juga kemampuannya untuk mesejahterakan masyarakat dan menyelesaikan permasalah bangsa. Itu baru namanya startup digital yang keren.

Melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, kamu diajak untuk membuat, mengkreasikan, membangun startup digital kamu melalui berbagai rangkaian pendampingan dan pelatihan hingga menjadi suatu startup digital yang matang.

Kemarin (30/7/2016), gue diberi kesempatan untuk mengikuti salah satu rangkaian acara yang digagas oleh Gerakan Nasional 1000 Startup yaitu Igniation. Ignition ini ibarat kuliah umum, penjelasan gerakan , dan lika-liku startup yg pembicaranya dari kalangan praktisi. Dari tahap Ignition akan disaring lagi startup yg terpilih untuk ke fase selanjutnya yaitu bootcamp, workshop, dan tentu saja incubation.Walaupun bukan sebagai peserta, gue jadi ikutan belajar banyak mengenai dunia startup dan segala permasalahannya. Dunia startup gak semudah dan sekeren apa yang terlihat di luarnya, tapi di dalamnya juga banyak perjuangan dan dedikasi para foundernya membangun startup rintisannya.

Tentu saja, hal baik tidak datang dengan mudah, butuh ratusan percobaan dan kegagalan, manusia membutuhkan manusia lain dalam hidup, untuk itu mengapa kolaborasi sangat penting untuk membangun suatu integritas hingga terbangun suatu startup.

DSCN2678

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini diselenggarakan di 10 kota besar di Indonesia, salah satunya Jakarta. Gerakan ini diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bertujuan melahirkan perusahaan rintisan berbasis teknologi digital yang berkualitas dan memberikan dampak positif dengan menyelesaikan permasalahan besar di Indonesia.

Rangkaian program ini adalah alur yang telah dirancang untuk menciptakan orang-orang dengan kompetensi dasar dan mindset yang harus dimiliki oleh seorang founder startup yang punya hati untuk membangun bangsanya. (source :1000startupdigital.id )

 DSCN2679

Nah, seru dan bermanfaat kan acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, kamu tidak hanya belajar menjadi seorang founder yang baik tapi juga ikut berkontribusi dalam memajukan kesejahteraan bangsa atau bahkan permasalahan dunia.

Para peserta yang datang terlihat sangat antusias menyimak  pemateri menyampaikan startup rintisannya. Disini kita juga belajar agar startup yang kita bangun tidak terorietasi pada penghasilan/profit, apalagi karena ingin kaya. Karena apabila itu dilakukan, bisa dijamin sebelum 6 bulan kamu akan bosen dan startup kamu bubar. Bisnis startup adalah bisnis untuk memecahkan masalah yg sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Business to help people, find problem, and come with solution. 

DSCN2681

Tertarik untuk mulai belajar startup, ikuti rangkaian Gerakan 1000 Startup Digital Indonesia di 10 kota atau kamu bisa kunjungi 1000 Start Up Digital untuk informasi lebih lengkap mengenai acara ini.

Selamat berkontribusi !

Simak juga video lengkapnya di sini ya ..

dan di sini

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s