How to Set Your Personal Instagram Into Business Profile (Cara Mengubah Akun Personal Instagram ke Business Profile)

Yap, benar sekali Instagram semakin revolusioner membuat platfromnya menjadi aplikasi favorit jutaan orang. Setelah mengenalkan #InstagramStories untuk menyaingi Snapchat, kali ini Instagram juga melakukan perubahan terbarunya yaitu Switch to Business Profile.

Pentingnya apasih Instagram kita harus diubah ke Business Profile ?

As well as you know, fitur ini sebenarnya sudah ada sebelumnya di platform Facebook maupun Twitter cuman si Instagram baru ngeh kalau fitur ini benar-benar bermanfaat untuk para pelaku industri ataupun bisnis. Pribadi juga sih, kalau kamu adalah seorang public figur yang memang brandingnya itu adalah kamu (model iklan, endorsean, atau artis). Tapi kalau orang biasa kayak gue, yah kayaknya masih belum perlu-perlu banget lah yah.  Kalau kamu seorang pebisnis online. YOU MUST !

So, basic-nya dari penggunaan fitur Business Profile on Instagram ini adalah untuk mengetahui insight dari berbagai konten yang kamu posting. Dengan begitu kamu akan tahu seberapa besar sih konten yang kamu posting buat para followers kamu, jam-jam kapan sih yang potensial buat posting, hingga cakupan usia dan gender para followers kamu. Oke banget kan !!! (kayaknya sih masih banyak fitur lainnya yang gue belum tahu)

Iseng-Iseng gue mencoba praktikan sendiri cara mengubah akun personal online shop gue (yang followernya sedikit ini) menjadi business profile online shop. Yah, biar kelihatan kece dan profesional aja sih jadi meningkatkan kepercayaan konsumen ke produk yang kita jual (alah gaya) #kemudianjadianakmarketing.

Caranya mudah banget kok, kamu yang udah biasa banget mungkin punya beberapa akun instagram pasti udah paham benar seluk beluk perinstagraman.

 1. Masuk menu option dan pilih menu Switch to Business Profile

insta

2. Setelah itu, koneksikan dengan Facebook Page
Screenshot_2016-09-01-03-04-05Menurut gue ini sih yang agak ribet, karena kita diharuskan untuk log in ke Facebook kita, yang jadi masalah adalah apabila kita udah gak pakai/ jarang buka Facebook lagi, tapi email yang kita pakai sama dengan yang dipakai di akun jualan kita. Atau email yang buat jualan ternyata belum pernah didaftarkan ke Facebook.  Ribet deh pokoknya.

Itulah alasannya mengapa gue memisahkan urusan personal, dan urusan mencari duit dalam dua email yang berbeda. Sehingga gak bercampur baur tuh antara urusan pribadi dan pekerjaan. Menurut gue sih penting sih, gak enak juga kan kalau akun pribadi kita isinya malah jualan semua yang ada bikin spaming . Ok next …

3. Isi jenis bisnis apa yang kamu punya.Screenshot_2016-09-01-03-04-22

Gue sih sebenarnya agak malas untuk mengisi berbagai form yang harus diisi, tapi baiknya kamu isi semua yah. Demi kelengkapan data dan profesionalitas bisnis kamu. (walaupun ada tombol skip sih). Jangan lupa untuk pilih jenis bisnis kamu juga, macam-macam pilihannya dari culinary sampai kayak yang gue pakai yaitu Local Businness.

4. Kalau yang ini biasa, lengkapi data email, telepon, hingga lokasi

Screenshot_2016-09-01-03-04-40

Fitur ini akan muncul di home profile, jadi kita gak perlu lagi tuh nulis-nulis di bio kita email dan alamat kita, bahkan direcionnya pun bisa kita setting sesuai lokasi kita.

5. Done ! kamu berhasil mengubah personal instagram kamu jadi businnes profile

Screenshot_2016-09-01-03-03-10

Gampang kan ?! gampang dong .

Beberapa perubahan yang sedikit mencolok yang membedakan antara instagram personal dan businnes adalah adanya tombol contact dan insight (analitic) di pojok dekat option. Tombol insight ini juga bakal nongol pada tiap-tiap postingan kamu. Yah, sayangnya postingan lama gak bisa kita analisis karena fitur ini hanya berlaku untuk  postingan terbaru aja.

Screenshot_2016-09-01-02-20-03

Feel free juga loh untuk switch off switch on fitur ini buat gonta ganti ke personal maupun bisnis. Yah walaupun harus ribet lagi ngulangin langkah-langkah di atas. hehehe.. Tapi jangan yah, nanti malah keliatan alay. Ingat, kita harus menjunjung profesionalitas. Hahaha..

Screenshot_2016-09-01-03-03-38

Gue pribadi sih menyarankan banget para penggiat online shop misalnya pembesar *****, peninggi badan dan akun-akun bisnis  bahkan komunitas lainnya untuk switch personal akun menjadi fitur bisnis. Karena analitik ini penting banget untuk memantau perkembangan akun kita sehingga target yang kita harapkan tercapai #Ceileh. Gue dulu emang gak peduli peduli amat dengan yang beginian cuma tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru. Demi kebaikan warung online kita juga dan demi kita juga. hehe…

Semoga artikel ini bermanfaat yah, semangat kerja, semangat mencari uang sebanyak-banyaknya dan selamat mencoba !!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s