Weekend Getaway at Aston Cirebon Hotel

Kadang sadar gak sadar hari-hari kita bisa terasa random banget, beberapa pekan kemarin setelah berpasrah diri akibat drama takut gagal terbang ditambah maskapai flight terakhir delay sampai larut malam. Tanpa ba-bi-bu lagi keesokan harinya langsung berangkat lagi.

Perjalanan kali ini adalah perjalanan paling minim persiapan, hanya memasukkan beberapa potong pakaian, kamera, dan printilannya, Done!! Gue menuju salah satu destinasi yang sama sekali belum gue tahu dan gue tidak berekspektasi untuk mencari tahu seperti tempat-tempat lainnya, yaitu Cirebon.

Berangkat melalui Stasiun Gambir perjalanan Jakarta-Cirebon termasuk perjalanan jarak dekat (hanya menempuh 3,5-4 jam perjalanan). Yah, serupa dengan lamanya waktu perjalanan ke Bandung karena memang  Cirebon secara geografis berdekatan dengan Bandung.

Sehubungan perjalanan kali ini bukan dalam rangka plesiran, so gue menomorduakan terlebih dahulu yah wisatanya. Gue interest untuk membahas tempat kami tinggal selama di Cirebon.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Yap, Aston Cirebon.

Lokasi dan Akses

Berlokasi di Jl. Brigjen Dharsono No. 12C (By Pass), Kertawinangun, Kedawung, Cirebon. Aston Cirebon Hotel & Convention Center hanya berjarak 15 menit dari Stasiun Cirebon. Very good impression karena sesampainya di stasiun, langsung dijemput staf hotel yang sudah menunggu di parkiran. Fasilitas ini adalah pelayanan gratis bagi para tamu hotel untuk diantarkan dari hotel ke stasiun dan sebaliknya. Hmmm.. Mantap.

Lokasi hotel ini berada di area By Pass a.k.a jalan lintas (jalan besar yang banyak mobil truk-truknya itu loh) sedikit terpisah dengan hotel-hotel lainnya yang cenderung berada di pusat kota. Karena letaknya yang berada di jalan besar, tentu saja bagi kita yang ingin eksplore Cirebon apalagi yang terbiasa traveling dengan jalan kaki menjadi sulit untuk dilakukan. Bahkan sekadar mencari camilan di sekitar hotel pun terbatas, karena sepanjang jalan di dominasi pabrik-pabrik dan dealer kendaran bermotor. Alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan adalah reservasi taksi, menyewa kendaraan sendiri, menggunakan angkutan umum yang lewat di depan pintu gerbang hotel, atau memanfaatkan fasilitas shutlle bus dari dan ke pusat kota.

Hotel

Dari kejauhan hotel ini nampak gagah menjulang dengan warna putih yang dominan. Katanya sih, Aston Cirebon adalah salah satu hotel terbesar dan ter-wah se kota Cirebon dengan label contemporer stylish  4 star hotel. 

Sesampainya di hotel, pertama kali yang gue perhatikan adalah desainnya. Mata kita pasti gak akan lepas untuk memandang ke atas sambil mengagumi megahnya hotel ini. Atapnya dibuat setengah melingkar menyerupai stadium, kalau dipikir-pikir malah serasa di dalam sebuah dome atau atrium mal yang super besar. Serius deh!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tidak hanya itu saja, hotel ini juga dilengkapi banyak fasilitas, di lantai dasar (main atrium) ada restoran dan cafe, ruang bermain anak, outlet batik, dan akses langsung menuju pool. Semuanya ada di satu tempat ini. Lebih memudahkan karena kita tidak perlu berpindah-pindah lantai. Oh iya, di sisi samping hotel juga di lengkapi dengan convention center yang mampu menampung lebih dari 2600-an orang loh, langganan acara seminar dan nikahan warga Cirebon.

Kamar Tidur

Kami reservasi kamar untuk 3 hari 2 malam. Ada pilihan kamar yang ditawarkan Aston dengan pilihan fasilitas lainnya, seperti superior, junior executive, executive, dan paling mahal suite+bathtube. Kami memesan executive class yang waktu itu dibandrol sekitar 1,2 jutaan/per malam (mungkin karena high season kali yah) padahal kalau kita kunjungi web resminya hanya sekitar 980 ribuan/malam.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Terletak di lantai tiga, kamar yang diberikan spacious banget dengan room yang terpisah dengan kamar-kamar lainnya sehingga privasi menjadi sangat terjaga. Kamarnya bersih, bisa banget buat ramean, ada dapur kecil sendiri, mirip-mirip dengan style apartment. Sayangnya, konsep yang diambil adalah modern, cenderung tidak ada ornamen apapun yang menunjukkan ciri khas kecirebonannya.

Langsung deh, masuk kamar dan ketemu kasur luas nan empuk ini bisa bikin langsung ngantuk dan mager kemana-mana. Oh iya, soal view, kamar ini dianugerahi kaca-kaca besar di sekeliling kamar. Berekspektasi mendapatkan view kota Cirebon yang indah, Suprisingly, kamar ini malah dapat view atap convention center di sebelahnya dan beberapa atap rumah-rumah penduduk aja. Ya nasib. hahaha

DSCN0595.JPG
Tuh, kan viewnya bagus :’)

Ekspektasi gue harus diturunkan sedikit lagi setelah melihat bathroomnya, luas kamar ternyata tidak berbanding lurus dengan luas kamar mandinya. Hanya terdiri dari shower, wastafel, dan tempat pup, udah. Baru sadar ternyata fasilitas bathtube hanya tersedia untuk kelas suite. Lah, tarif 1,2 juta yang dibandrol untuk kamar yang gue pakai, rasanya agak kurang worth it yah. But it is oke. Luas kamarnya masih nyenengin untuk main badminton sama yoga.

Fasilitas Seru

Nah,yang ini adalah part yang paling gue suka. Ada beberapa fasilitas yang jarang gue dapatkan di tempat lainnya. Kita bisa melakukan banyak hal di sini, ada tempat gym, mini golf, golf virtual, naik delman, dan naik sepeda. Langsung deh, berhubung sudah lama gak naik sepeda, nyobain macam-macam sepedanya dari yang klasik hingga yang paling sporty. Berbeda dengan main sepeda Aston Gili Trawangan yang bisa dipakai keliling pulau, trek main sepedanya gak boleh terlalu jauh, hanya muter-muter seputar lobi, parkiran, lobi lagi, dan nge-trek di tanah kosong. Fasilitas delmannya juga sama, hanya muter-muter sekitar hotel aja. Ngasih angin angin seger gitu doang sih, kurang jauh haha. Fasilitas delman ini bisa di nikmati waktu pagi hari aja ya guys, pada jam-jam tertentu.

P1011673.jpg

Di area belakang hotel, ada pool side yang kids friendly banget. Ada taman yang cukup luas dengan berbagai permainan di sana. Ada becak mini, camp mini, tempat futsal, dan juga ada kandang-kandang burung walaupun gak banyak. Pihak hotel ini memberikan fasilitas kids club yang bikin anak-anak betah berlama-lama, cocok buat ngajakin anak main-main tanpa takut kabur kemana-mana.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Semua fasilitas ini gratis, khusus untuk memanjakan para tamu hotel. Hanya beberapa saja yang kena extra-charge seperti virual gol dan mini golf.  Untuk fasilitas gym, menurut websitenya sih cukup lengkap. Sayang, kita tidak dikasih akses masuk waktu itu hanya karena kita tidak bersepatu olahraga. Oh iya, ada juga Osmosis, tempat dugem-dugem lucunya warga kota Cirebon, club ini buka setiap malam dan terletak persis di samping hotel juga.

Vibes

Not really much to do kalau siang-siang di sini, selain berenang dan sepedaan sore-sore. Siang hari enaknya lenyeh-lenyeh di dalam kamar atau sekalian jalan keluar buat explore Cirebon. Siang panas menyengat broh.

Gue lebih menikmati suasana malam di  hotel ini. Lucunya atap hotel yang luas tadi berubah menjadi warna-warni karena lampu yang kelap-kelip bergantian. Bagian lain hotel juga lebih temaram dan hangat.

DSCN0579

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berhubung jarak menuju kota lumayan harus keluar hotel, gue memutuskan stay di hotel saja sambil mencicipi paket makan malam. Rasanya chill dan comfy gitu walaupun cuma duduk-duduk di pinggir kolam sambil menyantap makan malam.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ada menu Barbeque/Seafood Set All You Can eat senilai 160 ribu/person yang bisa kamu santap sepuasnya. Diiringi dengan live music hingga pukul 10 malam, makan malam jadi berasa romantis-romantisan gitu. Pilihan menu makan malam-nya pun juga bervariatif mulai dari western, asian, hingga Indonesian style. Gak ketinggalan dong ada tahu gejrot dan sate taican juga. Niat diet pasti gagal karena makanan di sini enak-enak.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Overall, its nice place to stay while you are here. Seperti Aston Hotel di tempat lainnya, hotel ini juga menawarkan kenyamanan menginap dan hiburan selama di hotel. Cocok banget buat weekend getaway kamu yang memang pengen santai-santai bareng keluarga, menjamu klien, atau gathering bareng teman-teman sekantor di tempat yang lumayan eksklusif ini.

Terbukti selama dua malam di hotel ini, kualitas tidur gue meningkat tajam gegara nyamannya beristirahat di Hotel Aston ini. Bagi kamu pecinta adventure dan ingin jelajah kota Cirebon sih ada baiknya mencari alternatif lain yah, karena akses menuju hotel ini agak lumayan dari pusat kota. Tapi bagi kamu yang membutuhkan ketenangan, Aston Cirebon jadi pilihan yang pas banget.

Cari informasi lebih lanjut tentang Aston melalui situs berikut Aston Cirebon Hotel & Convention Center

Selamat berlibur!

Selanjutnya, kemana lagi yah?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s